Esai

PREDIKSI KEHIDUPAN MASA DEPAN (TAHUN 2050): Berdasarkan Kecendrungan Perkembangan IPTEK Saat ini dan ke Depan

Alumni S3-IPB (1987), Pensiunan Prof. Riset Kemtan, dan Sekretaris APPERTANI

Oleh: Sjamsul Bahri, Alumni S3-IPB (1987), Pensiunan Prof. Riset Kemtan, dan Sekretaris APPERTANI

Latar Belakang

Mengapa kita perlu membuat  prediksi kehidupan pada masa mendatang, setidaknya pada tahun 2050, atau satu generasi mendatang yang masih sangat mungkin untuk diprediksi mendekati kenyataan, karena jangka waktunya hanyak sekitar  25 tahun saja. Salah satu jawaban dari pertanyaan tersebut adalah  kita memang perlu mengetahui tren perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi yang akan dibutuhkan atau banyak diperlukan dan dipergunakan dalam ekosistem dan lingkungan strategis kehidupan di tahun 2050.  Dengan mengetahui perkiraan tersebut, kita termasuk Pemerintah dapat mengambil tindakan antisipatif melalui penyusunan program ke depan antara lain dengan membuat prioritas pada program IPTEK dan inovasi (meliputi Teknologi Digitalisasi, AI, Robotik, Bioteknologi, Nanoteknologi, Teknologi Ruang Angkasa, Medisina, dlsb) yang harus dikembangkan sekaligus utuk mendukung  pembangunan nasional (Ekonomi, SDM, Pendidikan, Industri, Energi Terbarukan, Kesehatan, Sosial, Politik, Pengelolaan SDA, dlsb).  Kata kuncinya, bahwa kita harus mampu mengikuti perkembangan dan penguasaan IPTEK agar dapat bersaing dengan negara lain.  Salah satu sektor penting yang menyangkut kehidupan suatu bangsa, selain energi adalah sektor pertanian meliputi penghasil pangan dan bahan baku industri baik bagi kebutuhan dalam negeri maupun untuk perdagangan global dalam memasok kebutuhan  pangan negara lain, dlsb.

Selain untuk mengarahkan kepentingan pembangunan suatu bangsa, pentingnya prediksi kehidupan masa depan di tahun 2050 adalah agar masyarakat, pelajar, calon mahasiswa, dan orang tuanya dapat mengantisipasi kira-kira bidang teknologi apa yang akan banyak dibutuhkan pada tahun 2050, sehingga mereka dapat memilih jurusan/bidang pendidikan apa yang harus diambil/ dikuasai oleh pelajar/mahasiswa, generasi muda sebagai bekal masa depannya. Dengan demikian akan memudahkan mereka dalam mendapatkan kesempatan pekerjaan baik sebagai tenaga kerja disuatu instansi maupun dalam menggeluti pekerjaan (membuka usaha) sendiri. Dengan kata lain bahwa bidang pendidikan yang ditekuninya di perguruan tinggi sudah searah dengan prediksi yang akan dibutuhkan pada tahun 2050.  Sejalan dengan hal tersebut,  pihak perguruan tinggi juga dapat menyesuaikan program pendidikannya/jurusan yang perlu dibuka/ dikembangkan.  Tampaknya saat ini pendidikan harus menyiapkan program yang mudah beradaptasi dan berubah secara cepat mengikuti perkembangan kemajuan teknologi yang juga berlangsung secara cepat.

Prediksi kehidupan masa depan pada tahun 2050 ini didasarkan oleh perubahan lingkungan strategis dan ekosistem serta tren perkembangan teknologi dan inovasi diberbagai bidang yang telah dicapai saat ini dan potensi perkembangannya pada tahun 2050 sehingga akan berpengaruh terhadap kehidupan pada tahun 2050.  Perkiraan ini diperoleh dari berbagai sumber informasi termasuk berdialog menggunakan mesin cerdas AI seperti pada platform ChatGPT yang kemudian dikonfirmasi dengan berbagai sumber ilmu pengetahuan dan teknologi asalnya.

Sepintas Perkembangan IPTEK dari Masa ke Masa

Secara ringkas perkembangan IPTEK dari zaman ke zaman  telah mengalami evolusi yang luar biasa sepanjang sejarah manusia.  Peradaban Awal dimana Manusia prasejarah menggunakan pikirannya saat itu untuk menggunakan peralatan sederhana dari batu, tulang, dan kayu untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, antara lain untuk berburu, pertanian, dan pembangunan permukiman.  Kemudian pada Peradaban kuno seperti Mesir Kuno, Mesopotamia, Yunani Kuno, dan Romawi Kuno yang rentang waktunya sekitar 3000 SM-500 M, mulai ada kemajuan dalam bidang matematika, astronomi, arsitektur, dan kedokteran. Penemuan yang diperoleh pada zaman tersebut adalah sbb:

Peradaban Mesir Kuno dan Mesopotamia yang terjadi hampir bersamaan dan berlangsung sekitar 3000 tahun lamanya dari sekitar 3500 SM sampai sekitar 500 SM.  Pada peradaban Mesir Kuno sudah ada teknik konstruksi dan pengetahuan matematika yang diterapkan dalam pembangunan piramida dan struktur monumen megah, juga pengembangan kalender berdasarkan pergerakan matahari, dengan tahun 365 hari dan penggunaan irigasi pertanian.  Sedangkan pada peradaban Mesopotamia terdapat beberapa hal yang menonjol, yaitu sistem tulisan kuneiform salah satu sistem penulisan tertua, dan pengembangan konsep dasar dalam matematika, seperti sistem angka berbasis 60 dan konsep geometri dasar serta pembangunan struktur irigasi yang kompleks untuk mengelola dan memanfaatkan sungai-sungai seperti Sungai Tigris dan Efrat.

Peradaban Yunani Kuno dan Romawi Kuno juga terjadi hampir bersamaan pada abad ke-8 SM sampai abad ke-4 dan ke-5 SM. Pada peradaban Yunani Kuno mulai berkembang dasar-dasar filosofi, logika, dan metode penalaran, juga penemuan prinsip-prinsip dasar dalam matematika, seperti geometri Euclidean dan teori Pythagoras, penelitian awal dalam astronomi, termasuk penentuan gerak planet dan pengukuran jarak bintang, serta  pengembangan teknologi  mesin sederhana dan penggunaan roda.  Sedangkan pada zaman Romawi Kuno diperoleh kemajuan besar dalam teknik sipil seperti konstruksi jalan dan jembatan. Pengembangan teknologi militer, termasuk pembangunan benteng-benteng dan penggunaan mesin perang. Kontribusi  dalam hukum, termasuk pengembangan konsep hukum sipil dan hukum publik. Juga sudah ada pengembangan sistem sanitasi dan infrastruktur kota yang maju untuk mengelola air limbah dan penyediaan air bersih.

Pada Abad Pertengahan yang berlangsung sekitar 10 abad dimulai pada abad ke-5 M sampai abad ke-15 M. Abad Pertengahan juga ditandai oleh periode kekacauan, perang, dan konflik antara berbagai kekuatan politik, termasuk peperangan salib, konflik antara negara-negara Eropa, dan konflik internal. Namun pada abad pertengahan ini terdapat kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup signifikan di dunia Islam, terjadi kemajuan besar dalam bidang matematika, astronomi, kedokteran, dan ilmu pengetahuan lainnya. Abad Pertengahan adalah periode yang kompleks dan beragam, dengan banyak perubahan dan perkembangan yang terjadi di seluruh Eropa dan wilayah lain di dunia. Ini merupakan periode penting dalam membentuk fondasi budaya, politik, dan sosial modern.

Beberapa ilmuan muslim yang muncul pada abad pertengahan, antara lain: 1) Ibn Sina atau Avicenna adalah seorang cendekiawan, filsuf, tabib, dan ilmuwan Muslim terkenal dari Persia (sekarang Iran) yang hidup pada abad ke-10 dan ke-11 Masehi. Ibn Sina, seorang  tokoh penting dalam sejarah intelektual Islam yang memberikan kontribusi besar dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk filsafat, kedokteran, matematika, astronomi, kimia, dan psikologi. Karyanya yang paling terkenal adalah “Kitab al-Shifa” (The Book of Healing) sebuah ensiklopedia filosofis dan ilmiah.  Sedangkan bidang kedokteran, Ibn Sina terkenal karena bukunya “Kitab al-Qanun fi al-Tibb” (The Canon of Medicine), sebuah karya monumental yang menjadi otoritas dalam kedokteran selama berabad-abad di Timur dan Barat; 2) Nasir al-Din al-Tusi (1201-1274), ia merupakan astronom, matematikawan, dan filsuf Persia yang membuat kontribusi penting dalam bidang trigonometri dan astronomi; 3) Muhammad ibn al-Wafa’ (1114-1185) kelahiran Andalusia, adalah seorang ilmuwan dan matematikawan Muslim yang terkenal karena kontribusinya dalam bidang matematika dan astronomi. Dia melakukan banyak penelitian dalam trigonometri dan geometri, serta membuat penemuan-penemuan penting dalam perhitungan astronomi, terutama dalam menghitung gerakan planet dan pergerakan bulan. Karya-karyanya memengaruhi pengembangan matematika dan astronomi di dunia Muslim dan Eropa selama Abad Pertengahan; 4) Ibn al-Nafis (1213-1288) Ilmuwan dan tabib Muslim dari Damaskus yang membuat kontribusi dalam bidang kedokteran, khususnya dalam pemahaman sistem peredaran darah.

Abad Renaisans atau kebangkitan kembali,  yang dalam bahasa Italia berarti “kelahiran kembali”, adalah periode penting dalam sejarah Eropa yang meliputi kira-kira abad ke-14 hingga ke-17. Renaisans telah membawa bangkitnya minat baru dalam ilmu pengetahuan dan seni. Abad Renaisans ini merupakan memperkuat transisi dari Abad Pertengahan ke zaman modern.

Pada abad ke-17 dan ke-18 terjadi Revolusi Ilmiah dan Teknologi, beberpa ilmuwan yang muncul pada abad ke-17 antara lain ilmuwan seperti Galileo Galilei, Isaac Newton, dan Johannes Kepler membuat penemuan besar dalam fisika dan astronomi. Galileo Galilei adalah Fisikawan dan astronom Italia yang membuat kontribusi besar terhadap pengamatan astronomi dan pengembangan metode ilmiah, sedangkan Isaac Newton adalah Fisikawan Inggris yang terkenal karena hukum geraknya dan hukum gravitasi, dan Johannes Kepler merupakan Astronom Jerman yang merumuskan tiga hukum gerakan planet. Ilmuwan lainnya antara lain Robert Hooke seorang Ilmuwan Inggris yang berkontribusi di berbagai bidang, termasuk fisika, biologi, dan arsitektur. Sedangkan Christiaan Huygens merupakan Ilmuwan Belanda yang menemukan prinsip gelombang cahaya dan mengembangkan teori tentang gerakan planet.

Ilmuwan yang dikenal pada abad ke-18 antara lain: 1) Carl Linnaeus, seorang Ahli botani Swedia yang dikenal sebagai bapak taksonomi modern; 2) Antoine Lavoisie adalah Kimawan Prancis yang dianggap sebagai bapak kimia modern karena kontribusinya pada pemahaman unsur dan reaksi kimia; 3) Benjamin Franklin adalah Fisikawan, penulis, dan negarawan Amerika yang terkenal karena eksperimen tentang listrik dan banyak kontribusi lainnya; 4) Daniel Bernoulli seorang Matematikawan Swiss yang membuat berbagai kontribusi dalam bidang matematika dan fisika, termasuk prinsip Bernoulli tentang fluida; dan 5) Anders Celsius seorang Astronom Swedia yang merumuskan skala termometer Celsius.

Pada Abad ke-19 mengalami kemajuan besar dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk kimia, fisika, kedokteran, dan transportasi. Penemuan seperti teori evolusi Charles Darwin, hukum termodinamika, dan motor pembakaran dalam mengubah cara kita memahami alam semesta dan memanfaatkannya.  Kemudian pada Abad ke-20 merupakan zaman penemuan besar dalam teknologi modern. Ini termasuk perkembangan komputer, telekomunikasi, kedirgantaraan dan ruang angkasa, dan kedokteran modern. Revolusi Digital, yang dimulai pada tahun 1950-an, memperkenalkan komputer dan internet, membawa perubahan yang sangat luar biasa dan mengubah cara manusia berinteraksi dan bekerja secara fundamental.

Selanjutnya pada Abad ke-21 terjadi percepatan pesat dalam inovasi teknologi, termasuk kecerdasan buatan, pemrosesan big data, bioteknologi, energi terbarukan, dan eksplorasi luar angkasa. Perkembangan dalam bidang seperti genetika dan teknik rekayasa genetika membawa potensi baru untuk mengatasi penyakit dan meningkatkan kualitas hidup manusia, dlsb.

Berdasarkan sejarah ringkas tentang perkembangan kemajuan IPTEK di dunia menunjukkan bahwa perkembangan IPTEK dan kehidupan global semakin hari, bulan, dan tahun bergerak dengan cepat jauh lebih cepat dari era awal  abad ke-19 sampai tahun 1950-an.  Selanjutnya pada pertengahan abad ke-20 dan awal abad ke-21 dan seterusnya perkembangan IPTEK sangat pesat berkembang secara eksponensial dan drastis. Keadaan ini karena kemajuan suatu bidang teknologi ternyata memerlukan dukungan teknologi dibidang keilmuan lainnya bahkan bisa beberapa bidang IPTEK dibutuhkan untuk saling mendukung.

Sebagai contoh untuk mempelajari struktur morfologi dan biologi suatu virus (bidang Biologi/kedokteran) atau struktur mikroskopis dari berbagai organisme, antara lain diperlukan peralatan mikroskop elektron.  Sedangkan penciptaan mikroskop elektron ini memerlukan  para akhli dari berbagai bidang ilmu, yaitu:  fisika, optik, elektronika,  teknik mekanik, ilmu material, ilmu komputer, kimia dan matematika. Akhli virus/Bioteknologi dan kedokteran juga memerlukan akhli kimia seperti ilmuwan ternama Fredrick Sanger (penyabet dua hadiah Nobel di bidang kimia) dengan temuannya berupa metode baru untuk menentukan urutan nukleotida dalam DNA.

Metode pengurutan nukleotida dari Sanger, et al (1977) ini menjadi temuan yang luar biasa karena sangat berperan dalam mengungkap genom dari berbagai organisme makhluk hidup baik hewan, tumbuhan, manusia maupun mikroorganisme. Temuan sekuen Sanger (Sanger Sequence) ini juga telah memetakan genom manusia pada tahun 2000-an. Dengan teknik PCR/Sequencing/Edit gen, untuk mengetahui susunan molekul/ basa nitrogennya/gen, dapat membuat diagnosa yang lebih akurat, dan juga rekayasa genetik maupun biosintetis mikroorganisme.

Demikian juga dengan perkembangan ilmu teknologi informasi dan komputer memicu berkembangnya ilmu bioinformatika, sehingga manusia dapat membuat mikroorganisme sintetis setelah mengetahui susunan basa nitrogen dari suatu mikroorganise dengan teknologi sequencing. Bahkan dengan dibantu ilmu bioinformatika para akhli sudah mampu menjadikan DNA sebagai perangkat penyimpan data dan informasi atau dokumen untuk jangka waktu yang lama  dan tidak memerlukan ruangan yang besar. Pembahasan ini hanya mencontohkan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memerlukan keterlibatan multi disiplin ilmu.

Perkembangan IPTEK telah dapat menjadikan DNA  sebagai perangkat untuk menyimpan data atau dokumen melalui proses yang disebut sebagai “DNA data storage“. Proses ini melibatkan konversi data digital ke dalam format yang dapat disimpan dalam urutan nukleotida DNA, yang terdiri dari adenin (A), citosin (C), guanin (G), dan timin (T). Langkah-langkahnya adalah: 1) Data digital seperti teks, gambar, atau audio dikonversi ke dalam kode biner yang terdiri dari rangkaian 0 dan 1; 2) Data digital yang dikonversi kemudian dibagi menjadi potongan-potongan yang lebih kecil untuk memfasilitasi penyimpanan dalam urutan nukleotida DNA; 3) Setiap potongan data diubah menjadi urutan nukleotida DNA dengan mengaitkan kombinasi tertentu dari empat basa A, C, G, dan T dengan representasi biner dari data tersebut; 4) Setelah urutan DNA dibuat, langkah selanjutnya adalah mensintesis DNA fisik berdasarkan urutan tersebut menggunakan teknik laboratorium seperti sintesis DNA kimia atau metode rekayasa genetika; 5) DNA yang disintesis disimpan dalam tabung reaksi atau bentuk lain yang sesuai untuk menjaga stabilitasnya; 6) Ketika data dibutuhkan kembali, DNA diambil dari penyimpanan dan diurutkan untuk mendapatkan urutan nukleotida asli. Setelah itu, urutan nukleotida dikonversi kembali ke dalam kode biner dan kemudian diubah kembali menjadi data digital yang dapat dibaca oleh perangkat komputer.

Keuntungan utama dari menyimpan data menggunakan DNA adalah kepadatan penyimpanannya yang sangat tinggi dan stabilitas jangka panjangnya. DNA memiliki kapasitas penyimpanan yang luar biasa besar dan dapat bertahan ribuan tahun jika disimpan dengan benar. Ini membuatnya menjadi kandidat yang menarik untuk menyimpan data dalam skala besar atau untuk penyimpanan arsip jangka panjang. Namun, saat ini, biaya yang mahal dan kompleksitas proses penyimpanan DNA masih menjadi tantangan utama yang perlu diatasi sebelum teknologi ini dapat diadopsi secara luas. Tidak tertutup kemungkinan suatu saat akan diperoleh teknik yang relatif murah dan lebih sederhana.

Hubungan IPTEK dan Kemajuan Suatu Bangsa/Negara

Dalam bidang IPTEK terdapat hubungan yang signifikan antara negara penghasil dan penguasa IPTEK dengan tingkat kemajuan perekonomiannya.  Hal ini menandakan bahwa penggunaan IPTEK ikut berperan dalam pembangunan perekonomian bangsa, baik secara langsung (menghasilkan produk langsung yang bernilai komersial) atau tidak langsung (mengkomersialkan jasa). Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Kemajuan dalam ilmu pengetahuan sering kali menghasilkan inovasi dan kemajuan teknologi yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam berbagai sektor ekonomi. Teknologi baru dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan, mengurangi biaya produksi, membuka peluang pasar baru, dan menciptakan lapangan kerja; 2) Negara-negara yang berinvestasi dalam pendidikan tinggi dan penelitian ilmiah cenderung memiliki populasi yang lebih terdidik dan terampil. Sumber daya manusia yang terdidik dan terampil ini menjadi modal penting dalam pengembangan ekonomi, karena mereka mampu berkontribusi pada inovasi, pengembangan teknologi, dan meningkatkan daya saing global; 3) Penemuan ilmiah dan pengembangan teknologi dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Inovasi baru sering kali memicu penciptaan industri baru, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan daya saing ekonomi suatu negara di pasar global; 4) Negara-negara dengan infrastruktur penelitian yang kuat dan budaya kolaborasi ilmiah yang aktif cenderung menghasilkan lebih banyak penemuan ilmiah dan inovasi teknologi. Hal ini memberikan keunggulan kompetitif dalam ekonomi global karena mendorong pengembangan produk dan layanan yang lebih unggul secara teknologi; 5) Negara-negara dengan basis riset dan pengembangan yang kuat sering menjadi tempat yang menarik bagi investasi asing. Perusahaan-perusahaan multinasional sering mencari lokasi di mana mereka dapat mengakses sumber daya manusia berkualitas, infrastruktur penelitian yang maju, dan lingkungan yang mendukung inovasi.

Meskipun hubungan antara kemajuan ilmu pengetahuan dan kemajuan ekonomi ini kompleks dan bisa dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya, tetapi secara umum, negara-negara yang mampu mengintegrasikan kemajuan ilmiah ke dalam pembangunan ekonominya sering kali lebih sukses dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.  Oleh karena itu mau tidak mau, suka atau tidak suka kita harus concern membangun dan menguasai IPTEK di berbagai bidang yang mendukung pembangunan perekonomian bangsa.

Sebaliknya negara yang IPTEKnya tertinggal, akan semakin jauh tertinggal jika negara tersebut mengabaikan atau tidak memprioritaskan kemajuan dan pengembangan IPTEKnya.  Pertama negara tersebut akan tergantung hasil IPTEK negara lain, harus membeli Hak Paten, dsb.  Kedua akan selalu kalah bersaing dibidang IPTEK.  Negara yang IPTEKnya maju akan semakin cepat dan jauh meninggalkan negara yang tidak memprioritaskan IPTEKnya.  Hal ini terjadi karena kemajuan IPTEK selalu berkesinambungan tiada putusnya

Begitu juga kemajuan dibidang ruang angkasa, dlsb. Dengan kemajuan berbagai bidang tsb, membawa percepatan dalam penelitian Biologi, Kedokteran dlsb.  Oleh karena itu penting untuk bekerjasama dalam membuat program penelitian strategis. Hal ini karena didukung oleh kemajuan teknologi lainnya, misalnya kemajuan rekayasa genetik, organisme synthetic, pengembangan DNA sebagai penyimpan data digital, dapat terjadi karena didukung kemajuan Teknologi Informasi, Teknologi AI sehingga dengan mudah dapat melakukan identifikasi genom, edit genom, dlsb.

Tujuan dari Penulisan Artikel

Sebagaimana telah dijelaskan dalam latar belakang dari penduhuluan ini bahwa saat ini perkembangan IPTEK dan Inovasi telah mengalami kemajuan yang luar biasa cepat sehingga terjadi dinamika kehidupan masyarakat global yang terus mengalami perubahan diberbagai sektor meliputi aspek perekonomian, pendidikan, industri, transportasi, pekerjaan dan pola kerja serta lapangan pekerjaan, hiburan, kesehatan, dan lain sebagainya.  Perubahan-perubahan ini didorong oleh kemajuan ilmu pengetahuan seperti teknologi digital, teknologi kecerdasan buatan dan robotika, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi ruang angkasa dlsb. Perubahan-perubahan ini akan terus terjadi seiring berjalannya waktu, sehingga masyarakat perlu mengetahui dan sadar akan keadaan seperti ini agar dapat mengantisipasinya dengan menyadari bahwa hal seperti ini akan terus terjadi. Dengan demikian kita dapat menyikapinya dengan mengambil langkah-langkah mengikuti tren perubahan tersebut.  Salah satunya adalah mencoba memahami dan mengikuti perkembangan IPTEK secara cepat agar paham akan perubahan yang terjadi. Berkenaan hal tersebut, tujuan dari penulisan artikel ini  adalah:

  • Memberikan gambaran perkembangan IPTEK dan Inovasi yang telah terjadi sampai dengan saat ini;
  • Memberikan informasi secara menyeluruh tentang IPTEK dan Inovasi apa yang menjadi pendorong terjadinya percepatan kemajuan IPTEK tersebut;
  • Memberikan gambaran bidang IPTEK apa yang perkembangannya mendominasi kemajuan IPTEK secara menyeluruh;
  • Memberikan gambaran kepada masyarakat bidang IPTEK apa yang perlu ia ketahui lebih lanjut agar dapat mengikuti perubahan dalam berbagai aspek kehidupan yang terjadi saat ini maupun yang akan datang;
  • Dengan meningkatnya umur harapan hidup manusia, maka manula atau lansia harus dapat mengikuti IPTEK terutama berbagai Platform teknologi yang terkait langsung dengan aspek kehidupan saat ini sehingga tidak terjadi gap untuk dapat mengakses fasilitas pelayanan masyarakat yang terus mengikuti perkembangan IPTEK seperti: a) layanan berbasis digital (tiket elektronik, e-money, belanja online, layanan kesehatan); b) layan transportasi; c) layanan perbankan untuk pembayaran pensiun; d) dlsb..
  • Memberikan gambaran kepada masyarakat tentang bidang IPTEK apa yang banyak dibutuhkan dalam mengisi lowongan pekerjaan, sehingga mereka dapat memilih bidang IPTEK tersebut dalam melanjutkan studinya di Perguruan Tinggi;
  • Memberikan informasi kepada masyarakat tentang bidang IPTEK apa yang selalu dibutuhkan sepanjang masa?
  • Memberikan gambaran kepada Pemerintah bahwa penguasaan IPTEK adalah sangat penting bagi suatu negara agar dapat bersaing dengan negara lain dan tidak menjadi pasar inovasi bagi negara lain, agar dapat membangun SDM yang menguasai IPTEK .

BERSAMBUNG …

Back to list

20 thoughts on “PREDIKSI KEHIDUPAN MASA DEPAN (TAHUN 2050): Berdasarkan Kecendrungan Perkembangan IPTEK Saat ini dan ke Depan

  1. This is a topic close to my heart cheers, where are your contact details though?

  2. Renew review says:

    I have recently started a website, the information you offer on this website has helped me greatly. Thank you for all of your time & work.

  3. Lift Detox says:

    I’m truly enjoying the design and layout of your site. It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me to come here and visit more often. Did you hire out a designer to create your theme? Fantastic work!

  4. nolimit city says:

    I regard something genuinely special in this site.

  5. Java Burn says:

    F*ckin’ amazing things here. I am very satisfied to see your post. Thank you a lot and i am having a look forward to contact you. Will you kindly drop me a mail?

  6. slot raja76 says:

    I do like the way you have framed this particular concern and it does indeed offer me personally some fodder for consideration. Nevertheless, through everything that I have personally seen, I simply just hope as other remarks pack on that individuals stay on issue and not embark upon a tirade involving some other news of the day. Still, thank you for this outstanding point and even though I can not agree with it in totality, I respect the point of view.

  7. Boostaro says:

    Everything is very open and very clear explanation of issues. was truly information. Your website is very useful. Thanks for sharing.

  8. fitspresso says:

    I’m impressed, I have to say. Actually hardly ever do I encounter a blog that’s both educative and entertaining, and let me tell you, you’ve got hit the nail on the head. Your idea is outstanding; the issue is one thing that not sufficient individuals are speaking intelligently about. I’m very pleased that I stumbled throughout this in my seek for something regarding this.

  9. Its great as your other posts : D, appreciate it for posting. “The squeaking wheel doesn’t always get the grease. Sometimes it gets replaced.” by Vic Gold.

  10. naturally like your website but you have to take a look at the spelling on quite a few of your posts. A number of them are rife with spelling problems and I to find it very troublesome to tell the reality nevertheless I’ll certainly come again again.

  11. I’d have to examine with you here. Which is not one thing I usually do! I take pleasure in reading a post that may make folks think. Additionally, thanks for permitting me to comment!

  12. Ronlatmoime says:

    На сайте https://aakkb.com.ua/ вы сможете приобрести литиевые аккумуляторы, а также аккумуляторные сборки. Все конструкции отличаются своей надежностью, безупречным качеством, а также идеальным исполнением. Все модели от проверенных, лучших брендов, которые работают на совесть. Перед вами огромное количество моделей, что позволит подобрать решение на свое устройство. А если затрудняетесь с выбором, то вас всегда поддержит высококлассный специалист. Он даст ценные советы, важные рекомендации.

  13. I was very pleased to find this web-site.I wanted to thanks for your time for this wonderful read!! I definitely enjoying every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you blog post.

  14. I like what you guys are up also. Such intelligent work and reporting! Carry on the superb works guys I¦ve incorporated you guys to my blogroll. I think it’ll improve the value of my site 🙂

  15. I always was concerned in this subject and stock still am, regards for putting up.

  16. Puravive says:

    I gotta bookmark this web site it seems invaluable very helpful

  17. vs oficial says:

    Thanks for sharing excellent informations. Your site is so cool. I am impressed by the details that you have on this site. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this web page, will come back for more articles. You, my friend, ROCK! I found just the info I already searched everywhere and simply couldn’t come across. What a perfect site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *