Resensi

Asmara Memerlukan Kepastian

Oleh Rahmat Wahyu Hidayatullah*

 

Novel “ Kuliah Bersama Kekasih” ini menceritakan tentang sosok mahasiswi bernama Viola. Viola merupakan mahasiswi yang menuntut ilmu di Kota Surakarta dan berjuang pergi meninggalkan Orang tuanya dengan harapan supaya di masa yang akan datang mendapatkan masa depan yang lebih baik dan cerah. Di dalam dunia perkuliahan ia menemukan laki-laki yang pertama kali membuatnya jatuh cinta. Dia bernama Erich. Erich merupakan mahasiswa yang berasal dari Boyolali Jawa Tengah. Erich merupakan teman kampus Viola mereka mengambil jurusan yang sama yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kisah percintaan mereka dimulai ketika tugas kelompok bersama Erich sudah memendam perasaan kepada Viola sejak awal masuk perkuliahan dan mencoba memulai mengungkapkan rasa cinta nya kepada Viola. Akhirnya Erich berani menyatakan cintanya kepada Viola saat menonton film bersama Viola pun menerima ungkapan cinta dari Erich dan mereka pun resmi berpacaran. Namun kisah percintaan diantara mereka tidak berjalan dengan mulus banyak kisah suka dan duka yang dilalui mereka Keretakan hubungan di antara mereka bermulai semenjak hilangnya sepeda motor Erich dan keputusan Erich untuk cuti dari perkuliahan dan memilih untuk bekerja agar bisa membeli motornya yang hilang.

Sikap yang mulai berubah juga dirasakan keduanya disatu sisi Viola ingin bertemu dengan Erich  dan disisi lain Erich ingin berfokus dengan pekerjaannya, tuntutan yang diberikan Viola kepada Erich ini membuatnya tidak merasa nyaman lagi dengan Viola dan merasa sikap Viola sudah mulai berubah semenjak itu. Bahkan Erich sempat ingin memutuskan Viola dan lebih fokus lagi dengan masa depannya. Namun keinginan tersebut menjadi kenyataan melalui pesan whatsapp Erich memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan Viola ia merasa tidak lagi cocok dengan Viola dan ingin hubungannya Kembali menjadi seorang sahabat seperti dulu lagi. Viola yang membaca pesan dari Erich tentunnya membuat ia sedih dan terkejud mengapa erich memutuskan dirinya tetapi Viola berusaha tegar dan mencoba untuk melupakan Erich.

Salah satu hal yang dapat Viola lakukan untuk meringankan beban pikirannya adalah dengan bercerita kepada teman dekat yaitu Hari, hari merupakan teman dekat Viola teman satu kampus dan juga teman satu kelas. Viola menemui hari diperpustakaan kampus dan menceritakan tentang hubungan asmaranya dengan Erich. Lalu sebagai teman dekatnya hari pun memberikan nasihat kepada Viola agar tidak bersedih karena mungkin tuhan belum mengijabahi Erich untuk dirimu setelah curhat dengan hari rasa penyesalan yang dirasakan karena diputuskan kekasihnya berangsur sudah mulai hilang kegalauan dalam hatinya juga sudah mulai hilang.

Untuk menghilangkan rasa sedih yang terus berlarut Viola pun turut andil dalam salah satu organisasi kampusnya yang cukup besar dan di organisasi tersebutlah Viola mengenal Yuda. Yuda adalah ketua bidang dan Viola adalah anggota bidang yuda sebenarnya juga memendam rasa dengan Viola tetapi yuda belum berani untuk mengungkapkan isi hatinya kepada Viola ia menunggu waktu yang tepat untuk menyatakan cintanya kepada Viola.

Yuda mulai memberikan perhatian dan pendekatan kepada Viola dengan cara menyapa apakah  sudah makan, kenapa jam segini belum tidur padahal sudah malam dan selalu memberikan motivasi untuk selalu bersemangat. Dan tiba lah waktu yang dirasa tepat oleh Yuda untuk mengungkapkan isi hatinya kepada Viola di waktu malam hari di dalam diskusi organisasi Yuda mengungkapkan rasa yang ada didalam dirinya bahwa dia menaruh hati dengan gadis tersebut. Dan tidak ada kata lain yang dapat keluar dari mulut Viola kecuali “iya, aku mau”. Kisah percintaan mereka ini pun diceritakan kepada sahabatnya yaitu Hari. Di dalam perjalanan cintanya dengan yuda pun tidak selalu mendapatkan kebahagian, ada beberapa konflik di dalam hubungan percintaan tersebut konflik ini dimulai saat KKN dimana yuda diisukan dekat dengan Wanita yang berada satu kelas dengannya dan menjalin hubungan dengan Wanita tersebut. Menanggapi hal tersebut yuda pun menyanggah isu isu tersebut dan mencoba untuk meyakinkan Viola, di situasi lainnya erich mantan kekasih dari Viola ini menyesal dulu pernah memutuskan kekasihnya itu dia berharap agar Kembali lagi bersama dengan Viola tetapi Viola pun tidak mau terjatuh ke dalam lubang yang sama Viola tidak mau Kembali dengan erich.

Pada akhirnya cerita ini berakhir dengan putusnya yuda dengan Viola  mereka berdua tidak bersama lagi dengan alasan Viola sudah tidak percaya lagi dengan yuda karena memiliki kekasih baru dan Yuda pun tidak bisa mempertahankan kekasihnya itu karena Viola diam-diam sudah dijodohkan dengan seseorang yang lebih baik  dari dirinya dan kini mereka tinggal menunggu hari yang tepat untuk menikah

Data Buku

Judul: Kuliah Bersama Kekasih

Pengarang: Hari Kusmanto

Penerbit: Diomedia

ISBN: 978-623-91064-1-6

Tebal Buku: 154 halaman

Cetakan: Cetakan pertama,  Bulan Oktober 2019

Harga Buku: Rp50.000

 

*Rahmat Wahyu Hidayatullah, Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, tinggal di Klaten.

Back to list

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *