Resensi

Berjuang adalah Kunci Keberhasilan

Oleh Riana Dwi Saputri*

 

Novel “Pencuri kecil” ini menceritakan tentang seorang anak kecil. Ia berjuang untuk memberikan sebuah makanan kepada penduduk yang ada di seberang sungai. Anak tersebut memiliki usaha serius, namun banyak sekali tantangan-tantangan yang berdatangan. Tetapi, tantangan yang silih berganti tidak dapat memengaruhi dirinya untuk berhenti begitu saja. Ia yakin, bahwa segala sesuatu hal akan dapat terwujud. Meskipun harus menunggu dan terus berusaha agar perjuanganya bisa digapai dengan sempurna. Memang di sebuah kehidupan, pasti memiliki tingkat permasalahan dan bentuk perjuangan yang berbeda-beda. Maka berjuanglah selagi bisa dan jangan pernah menyerah ketika usaha yang sudah direncanakan itu gagal.

Rosy adalah anak dari seorang raja. Ia merupakan anak yang baik, suka menolong dan tidak mudah putus asa. Namun, Ayahnya seringkali mengatur kehidupanya dan selalu mengekang dirinya ketika ingin melakukan sesuatu. Ia sangat bosan menjadi anak dari seorang bangsawan. Ia ingin menjadi anak dari orang biasa, rakyat biasa agar dirinya dapat bebas melakukan sesuatu tanpa adanya pengekangan. Namun, hal itu tidak membuatnya patah semangat. Rosy selalu melakukan yang terbaik dan membantu kepada orang-orang yang ada di luar sana.

Keinginan Rosy semakin meningkat, untuk dapat keluar dari istana yang sangat mewah. Ia berfikir apakah bisa tubuhnya yang sangat kecil itu bisa keluar dari istana. Kemudian, Rosy berjuang terus-menerus dan meminta bantuan si penjaga gerbang agar dapat membuka pintu gerbang yang dijaganya dan bisa menjaga rahasia ketika sudah keluar dari istana.

Pada akhirnya, Rosy berhasil keluar dari istana. Ia yakin, bahwa ayahnya tidak akan mencari dan mengecek keberadaanya. Ketika Ia berada di sebuah perdesaan, Rosy mengetahui bahwa Ayahnya telah merampas bahan makanan karena rakyatnya tidak tertib dalam membayar pajak. Ia dan teman-temanya memiliki ide untuk membuat markas persembunyian yang digunakan untuk menimbun makanan yang telah dirampas oleh kerajaan dan akan dikembalikan terhadap penduduk yang kesusahan. Namun, teman-teman Rosy tidak mengetahui bahwa Rosy adalah anak dari raja. Dengan hal tersebut, Rosy sangat sedih melihat perlakuan Ayahnya terhadap rakyat-rakyatnya. Mengapa harus melakukan hal yang begitu kejam, hanya karena materi semata.

Beberapa hari kemudian, Ayahanda sangat bingung bagaimana bisa makanan-makanan yang telah dirampas bisa hilang begitu saja. Kemudian, Ayahanda memerintahkan semua prajuritnya untuk mencari siapa pencuri yang telah mengambil makanan-makanan yang ada di Gudang. Akhirnya, Prajuritpun menemukan pencurinya dan Raja pun mengetahui bahwa pencuri tersebut adalah Anaknya sendiri. Ayahanda sangat marah melihat kelakuan anaknya, karena telah melanggar perintah yang telah diberikan. Dengan kejadian tersebut, Rosy langsung mendapatkan sebuah hukuman dari Ayahnya.

Pada akhirnya, ketika Rosy telah selesai melakukan hukuman dari ayahnya, Ia langsung menemui teman-temanya dan berkata jujur, bahwa Ia adalah anak dari seoarang Raja. Rosy mengucapkan terima kasih kepada teman-temanya, karena sudah yakin untuk diajak berjuang dan berusaha. Meskipun, pada akhirnya hasil yang diinginkan tidak sesuai yang diharapkan.

Data Buku

Judul Buku: Pencuri Kecil

Penulis: Iin-Nuraini

Penerbit: CV. Diomedia

Cetakan Pertama: Juli 2022

Tebal: x+76 hal

ISBN: 978-623-5518-56-5

*Riana Dwi Saputri, Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Universitas Raden Mas Said Surakarta.

Back to list

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *