Resensi

Berkolaborasi itu Indah

Oleh Risma Rifki Utami

 

Seni Berkolaborasi” yang ditulis oleh Asrul Right merupakan buku yang membahas pentingnya berkolaborasi, dengan berkolaborasi kita bisa mencapai sebuah tujuan. Di buku ini terdapat Rethinking, yang membahas pentingnya berkolaborasi karena dalam berkolaborasi dapat membantu menyelesaikan masalah, akan mengakrabkan orang lain, membantu orang belajar, membuat komunikasi lebih cair, dapat meningkatkan kepercayaan di komunitas, dapat meningkatkan konektivitas, dan membuat pekerjaan lebih efisien. Dengan berkolaborasi terdapat banyak perbedaan tetapi dengan menerima perbedaan semua akan menjadi lebih indah. Seorang kolaborator sejati mempunyai prinsip bahwa perbedaan mendatangkan segudang pengalaman baru bagi hidup. Berkolaborasi bisa membantu mencapai tujuan yang ingin dituju. Di samping itu diiringi juga membangun networking yang memiliki manfaat bisa menambah wawasan untuk berkolaborasi dengan orang yang lebih sukses, bisa menjadi sarana promosi, menambah koneksi dan relasi, dan memecahkan persoalan.

Collaboration Mentality, belajar ilmu seni berbicara atau public speaking sangat penting karena dalam kehidupan sehari-hari sangat dibutuhkan berkomunikasi dengan orang lain, keluarga, dan anak-anak. Maka dari itu dengan skill public speaking apa yang kita sampaikan bisa dipahami orang lain dengan mudah. Belajar terus, karena dengan belajar tidak akan membuat kita ketinggalan ilmu yang semakin berkembang saat ini. Selagi dalam masa belajar jangan takut salah, karena dalam kesalahan itu memberi kita pelajaran.  Manfaatkan kesempatan yang ada dengan belajar jangan menunggu lebih lama lagi karena kesempatan tidak datang dua kali.

New Perspective, di sini kita menghadapi sebuah generasi yang berbeda yaitu kebiasaan berkolaborasi. Sebelum itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai berkolaborasi yaitu mempunyai rencana apa saja yang ingin dikolaborasikan, mengantisipasi kendala dalam menerapkan program kolaborasi, menerapkan langkah-langkah apa yang harus diambil ketika mengalami sebuah kemandekan, evaluasi.

Collaboration Skills, sebuah kolaborasi jika tidak mempunyai visi yang sama maka akan terombang ambing. Tanpa adanya visi semua akan mengalami kehancuran. Dalam berkolaborasi juga dibutuhkan willpower karena jika tidak ada willpower maka kapanpun kolaborasinya bisa ambruk. Seperti seseorang yang memiliki motivasi  tanpa willpower akan ambruk ketika cadangan motivasi dalam diri berkurang.

Grow Together, ada sebuah anggapan bahwa berpikir bersama itu jauh lebih baik daripada berpikir personal. Untuk mencapai tahap think together bersama orang lain atau tim, kita bisa awali dengan tidak bersikap stereotip, tempatkan diri dalam posisi orang lain, cari pendapat dari orang ketiga, berkompromi saat diperlukan, dan focus pada kesamaan yang dimiliki. Transfer pengetahuan kita kepada orang lain, dilanjutkan dengan mentransfer kreativitas. Alasan mengapa kita harus berbagi kreativitas adalah kita bisa menemukan style dan keunikan dalam diri kita, untuk memancing daya kreativitas kita, dan untuk mengispirasi orang banyak

Creative Collabpration Zaman Now. Contohnya di sini adalah kolaborasi oreo dan supreme, kolaborasi google dan Lenovo, kolaborasi indomi dan chitato. Kolaborasi gojek, tada, dan moka, Samsung dan BTS, kolaborasi Noah dan bank BRI, kolaborasi Nike dan Michael Jordan, kolaborasi Netflix dan Kristo Immanuel.

Dari buku ini pembaca akan mengetahui apa itu kolaborasi, seberapa penting kolaborasi itu, dan bagaimana cara untuk membangun networking. Buku ini cocok dibaca oleh orang yang suka berkerja sama, karena di dalamnya berisi kisah-kisah inspirasi dengan berkolaborasi bisa berhasil mencapai tujuan. Di dalamnya juga terdapat motivasi untuk berkolaborasi yang ditulis oleh Asrul Right. Dari tampilan covernya cantik, manis, tidak membosankan. Kalimat-kalimat di dalamnya mudah dipahami, menggunakan kalimat yang membuat pembaca penasaran sehingga membuat para pembaca untuk terus membaca buku tersebut hingga selesai. Dan dengan harga yang segitu tidak sebanding seberapa banyak para pembaca mendapatkan ilmu.

Data Buku

Judul Buku: SENI BERKOLABORASI

Penulis: Asrul Right

Editor: Ngadiyo

Penerbit: CV. Diomedia

Cetakan: Cetakan Pertama, Agustus 2021

Ukuran: 13 X 20,5 cm

Jumlah halaman: + 304 halaman

ISBN: 978-623-7880-50-9

 

*Risma Rifki Utami, Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. Tinggal di Demak.

Back to list

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *