Resensi

Cinta dan Lika-Liku kehidupan

Oleh Syamsiatul Mu’arifah*

 

Buku kumpulan cerita “Cinta Lama Tak Bersemi Kembali” ini memuat beberapa cerita, di mana setiap judul memiliki tokoh dan makna yang berbeda-beda. Buku ini memuat 15 judul. Pada judul “Cinta Lama Tak Bersemi Kembali” menceritakan tentang masa sekolah dulu. Di mana ada anak remaja yang jatuh cinta kepada seorang siswi kelas sebelah. Remaja tersebut berharap bisa bertemu dengan siswi yang disukai dulu. Rencananya waktu reuni mempunyai tekad akan menyatakan perasaan yang telah terpendam selama berpuluh-puluh tahun. Padahal pria tersebut sudah berkepala 5 dan sudah memiliki istri tetapi penampilannya sangat gagah. Disaat bertemu dengan wanita masa lalunya, pria itu merasa kaget dan tidak percaya apa yang sedang dilihat karena wanita tersebut terlihat gendut.

“Hantu Halte” menceritakan tentang seorang pria yang bernama Santana. Santana bekerja di sebuah perusahaan. Perasaan Santana beberapa hari terakhir ini terasa tidak enak. Makna dari perasaan Santana yaitu Ibunya jatuh di kebun dan mau tidak mau Santana harus pulang kampung. Untuk sampai di kampungnya harus Santana memerlukan waktu 6-7 jam. Pukul 9 malam Santana sudah sampai di terminal dan menunggu bus yang tak kunjung datang. Akhirnya bus itu datang dan Santana duduk paling belakang. Santana menatap 3 preman itu, lalu preman tersebut meminta uang Santana. Tiba-tiba ada benda tajam yang menusuk perut Santana dan mengeluarkan darah. Kemudian Santana berpikir bahwa ia ingin bertemu dengan ibunya, akankah nanti aku bertemu dengannya?

“Mati Sebelum Menua” menceritakan sepasang suami istri. Dimana sang Istri bertahun-tahun sakit dan hampir 1 bulan terakhir kondisinya sangat lemah. Akhirnya sang istri mati meninggalkan suami beserta anak-anaknya.  “Cinta Sehidup Tak Semati” menceritakan tentang sepasang kekasih yang bernama Dodit dan Yeni. Orang tua Yeni tidak menyukai Dodit karena Dodit tidak melanjutkan kuliah dan hanya bekerja sebagai kasir. Yeni adalah mahasiswa jurusan Manajemen bisnis. Suatu saat Dodit datang ke rumah Yeni dan bertemu dengan orang tua Yeni. Orang tua Yeni berkata bahwa Dodit tidak boleh mendekati Yeni apalagi pacaran. Kemudian mereka berdua bertemu secara diam-diam hingga ada seseorang yang melaporkan kepada ayah Yeni. Akhirnya Yeni dikawal oleh Ayahnya kemana pun Yeni pergi. Dodit merasa tidak kuat dan akhirnya menggantungkan dirinya di langit-langit dapur.

Pada judul “Schizophrenia” menceritakan tentang seorang gadis yang bernama Sarah, orang lain selalu memandang sinis, curiga, bahkan takut. Padahal Sarah tidak pernah mengganggu apalagi melukai. Suatu saat Sarah benci kepada Melly karena Melly membawa orang asing yang tidak dikenal oleh Sarah. Akhirnya Melly berkata bahwa Sarah kamu sakit, kamu sakit SCHIZOPHRENIA.

“Intikam” menceritakan tentang seorang anak yang mempunyai dendam kepada wanita karena menikahi ayahnya. Disaat ibunya sedang sakit wanita itu membawa ayahnya pergi jauh tanpa ada rasa iba sedikit pun. Setelah kepergian ibunya 1 bulan, ayahnya kembali bersamanya kemudian berkuasa menjadi ratu. Anak tersebut dijadikan budak dan harus melayani apa kemauannya. Tak lama kemudian sang ayah meninggal. Dan wanita tersebut semakin menindas dan membawa laki-laki lain. Anak itu 5 tahun berkelana dengan ilmu hitam untuk membalas dendamnya kepada wanita itu. Kemudian anak itu melakukan aksinya dan merasa sangat puas karena berhasil membalaskan sakit hati ibunya.

Pada judul “Topeng Penipu (Part 1)” dan “Topeng Penipu (Part 2)” menceritakan tentang sahabat yang bermuka dua. Ray dan Linda adalah sepasang suami istri dan Fani adalah sahabatnya Linda. Ray berselingkuh dengan Linda, padahal Ray sendiri sudah memiliki istri dan Fani adalah sahabat Linda. Bukankah seorang sahabat itu adalah sosok yang sudah dianggap seperti saudaranya sendiri? Tetapi berbeda dengan cerita ini, melainkan seorang sahabat yang tidak memiliki hati nurani karena memiliki pikiran bahwa saya juga harus bisa merasakan kebahagiaan seperti yang Linda rasakan.

“Cintamu Hanya Untuknya” menceritakan tentang seorang laki-laki yang menikahi seorang perempuan bukan atas dasar cinta tetapi atas dasar kebutuhan. Grace merupakan istri kedua dari Andre. Grace bukan seorang pelakor karena Andre telah bercerai dengan istri yang pertama. Suatu hari Andre dan Grace pergi ke pasar malam dan memasuki layanan hipnotis. Didalam layanan hipnotis Grace dihipnotis dan diberikan pertanyaan.

Cinta Gila” menceritakan tentang seseorang yang ingin menyatakan cinta lewat surat. Tetapi seseorang tersebut dibully dan ditertawakan. Ia merasa malu, sakit, dan amarahnya tak terhingga.  “Siapa Pelakunya?” menceritakan tentang seorang emak yang meninggal karena keracunan. Padahal Emak tidak punya racun dan tidak pernah keluar. Di tubuh Emak juga ditemukan luka sayatan yang cukup dalam.

Pada judul “Terjebak” menceritakan tentang seseorang yang merantau ke kota untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Ketika ia sakit, ia diberi obat mujarab oleh temannya dan mulai mengonsumsi obat itu. Setelah minum obat tersebut sakitnya hilang dan menjadi sering sakit. Suatu saat ia menikah dengan seorang pria yang malah membawanya pada penderitaan yang sama dengan bentuk yang berbeda.

“Kasat Mata” menceritakan tentang seseorang yang dianggap halu oleh orang-orang karena dianggap pengkhayal dan mempunyai kepribadian ganda. Padahal ia sudah memiliki suami tetapi jika ia ingin mengenalkan suami ke teman-temanya, pasti suaminya menghilang tanpa jejak bahkan orang-orang mengatakan suaminya itu hantu, jin, dll.

“Hantu Tobat” menceritakan tentang Hagan singkatan dari Hantu Ganteng. Hagan itu dulunya sering dibully oleh teman sebayanya, karena itulah ia menjalani hidupnya sebagai hantu. Profesi baru Hagan yaitu mengganggu dan menggoda orang, karena dengan melihat mereka ketakutan ia merasa hatinya terpuaskan dan ia bisa membuat orang lain merasakan apa yang dirasakan ketika dibully dulu. Ini bisa dikatakan semacam balas dendam. Seketika Hagan tiba disebuah rumah seorang wanita, rumah itu terlihat biasa saja. Hagan meniup wanita itu tetapi wanita itu tidak peduli dengan kehadirannya. Ketika pukul 3 pagi wanita tersebut terbangun dan melaksanakan sholat, Hagan merasa panas dan kulitnya terbakar. Seketika wanita itu berkata bahwa bertaubatlah mengganggu manusia agar bisa menggapai keabadian dan bertemu Tuhan-mu. Kemudian Hagan pergi dan tak kembali lagi.

Pada judul “Lelaki Pilihan” menceritakan tentang seorang wanita yang mengatakan bahwa hidup sendiri itu lebih nyaman dan menyenangkan. Ia sangat bimbang memilih lelaki dan ia sangat khawatir jika kelak bersama seorang lelaki tak seindah yang dibayangkan. Ia jatuh hati kepada lelaki yang romantis dan lembut, ia merasa memiliki seorang pelindung yang akan menjaga dan mengasihi.

 

Data Buku

Judul: Cinta Lama Tak Bersemi Kembali

Penulis : Marni Haryati Hasibuan

Penerbit: Diomedia

Cetakan: Cetakan Pertama, Juni 2022

Tebal: 100 halaman, 13×20 cm

ISBN: 978-623-5518-60-2

 

*Syamsiatul Mu’arifah, Mahasiswa Progam Studi Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

 

 

 

Back to list

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *